Selain Bawa Masker, Ini 7 Persiapan Liburan Bebas Rasa Khawatir

Selain Bawa Masker, Ini 7 Persiapan Liburan Bebas Rasa Khawatir

Meski sedang banyak virus dan penyakit di daerah tertentu, banyak traveler yang tetap berangkat liburan dan salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan selama traveling adalah dengan menggunakan masker.

Menurut Press Release dari Dinas Kesehatan Jakarta, masker berguna untuk mencegah debu, bakteri, dan virus di udara. Yang paling penting, masker bisa mencegah penularan dan penyebaran penyakit. Tak heran ya jika banyak orang yang memakainya di tempat umum.

Selain masker, ada banyak tips lain untuk membuat liburan bebas dari rasa khawatir. Apa saja, ya?

1.       Kenali vaksin yang dibutuhkan

Hampir setiap daerah memiliki penyakit endemiknya sendiri. Jadi, jika kamu ingin liburan ke negara tertentu, biasanya disarankan untuk mengambil vaksin.

Seperti contoh, saat ingin Umrah, diwajibkan untuk mengambil vaksin meningitis. Vaksin Japanese Encephalitis dibutuhkan jika kamu ingin liburan ke India, Bangladesh, Pakistan, Nepal, China, dan Vietnam.

Kamu bisa mengambil vaksin Hepatitis A dan B jika berencana liburan ke negara berkembang. Sedangkan vaksin Yellow Fever sebaiknya diambil jika mau liburan ke Amerika Selatan dan Afrika.

Dua vaksin terakhir yang bisa membantu menjaga ketahanan tubuh kamu adalah vaksin flu dan vaksin demam tifoid.

2.       Bawa P3K pribadi

Setiap orang memiliki kebutuhan obat yang berbeda. Tapi ada beberapa obat yang wajib kamu bawa untuk keadaan mendesak seperti sakit kepala, demam, atau sakit perut.

Paracetamol bisa dimasukkan dalam daftar obat-obatanmu, karena berguna untuk menurunkan demam dan mengurangi sakit kepala. Sedangkan kalau kamu berencana banyak mencicipi kuliner, jangan lupa bawa obat sakit perut untuk berjaga – jaga bila ada reaksi dari makanan yang dicoba.

Untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan pastikan untuk membawa obat luka dan pereda nyeri otot. Minyak kayu putih dan losion anti nyamuk juga tak boleh ketinggalan, ya!

Oh ya, untuk menjaga kesehatan, kantongi selalu hand sanitizer atau tisu basah agar tangan bebas dari kuman. 

 

 

 

  1. Kenali kondisi iklim tempat liburan

Setelah tahu tujuan liburan kamu, cari tahu seperti apa kondisi iklim di sana. Misal kamu akan ke Eropa, cari tahu sedang musim apa di waktu kamu berangkat. Jadi kamu nggak salah kostum!

Cuaca di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam tak berbeda jauh, karena mirip dengan di Indonesia. Beda lagi kalau kamu liburan lebih jauh seperti ke Hong Kong, Jepang atau China. Tempat tersebut memiliki musim dingin. Jangan lupa membawa pakaian yang cocok dengan musim yang sedang berlangsung, ya.

  1. Cari tahu lokasi rumah sakit di sana

Kita tentu berharap agar tidak ada kejadian yang tidak mengenakkan selama liburan. Namun jika itu terjadi, setidaknya kamu sudah mempersiapkan dengan matang. Penting untuk mengetahui lokasi rumah sakit di tempat kamu akan liburan.

Misal kamu akan liburan ke Hiroshima, Jepang, kamu bisa menandakan Rumah Sakit Funairi sebagai acuan. Lihat lagi juga, seperti apa penanganan mereka pada turis dan pengunjung.

Terakhir, pastikan untuk mencari rumah sakit yang bisa dicover oleh asuransi pilihan kamu, ya!

  1. Siapkan kontak darurat

Apakah kamu berencana liburan dengan keluarga, teman, atau berjalan sendiri, selalu siapkan kontak darurat di ponsel atau tas kamu. Tujuannya, memudahkan orang yang sedang mencari pertolongan jika kamu mengalami sesuatu yang tidak diinginkan.

Kamu bisa menuliskan nomor darurat di wallpaper ponsel. Jadi jika ada yang melihat ponsel untuk mencari tahu kontak darurat, bisa langsung melihat wallpaper tanpa harus repot membuka ponsel.

Atau, kamu juga bisa memakai gelang dengan kontak darurat. Banyak bentuk gelang yang bisa dipesan, tak kalah stylish, kok.

  1. Perhatikan asupan makanan selama liburan

Kunci sehat saat liburan adalah dengan selalu memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Berdasarkan info dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat, (atau ini www.usgs.gov), penting sekali untuk minum yang cukup agar tidak dehidrasi karena 60% tubuh kita adalah air. Mudah, kan?

Kalaupun kamu berencana wisata kuliner, jangan lupa menjaga kesehatan tubuh. Caranya, cukupi kebutuhan sayur dan buah di setiap harinya. Makanan dengan kandungan vitamin C dan A bisa membantu meningkatkan sistem imun kamu.

Nyemil kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari bisa memenuhi kebutuhan mineral, zinc, dan selenium di tubuh kamu. Tidak lupa juga untuk minum multivitamin di setiap harinya ya, guys!

7. Membeli asuransi perjalanan

Menyempurnakan liburan, pastikan kamu punya asuransi perjalanan. Di Travellin, ada 4 kategori asuransi yang bisa kamu pilih yaitu Worldwide, Asia, Syariah, dan Domestic. Dengan asuransi ini, kamu bisa dilindungi dari pembatalan atau penundaan perjalanan, biaya perawatan medis jika terjadi kecelakaan atau sakit tiba-tiba selama liburan, hingga kehilangan koper saat jalan-jalan. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Harga paketnya pun terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu per hari. Duh, hemat banget, ya!

 

Back to Article List Buy Insurance Package

Latest Articles

Payment Method

Secured by

Reassurance by

AA International
ONLINE
CHAT