Syarat dan Biaya Pembuatan Visa Schengen Terbaru Tahun 2021

Syarat dan Biaya Pembuatan Visa Schengen Terbaru Tahun 2021

Indonesia merupakan salah satu dari 104 negara di dunia, yang wajib mengantongi Visa Schengen untuk bisa mengunjungi deretan negara di Uni Eropa. Makanya, bagi pelancong yang ingin ke sana, sebaiknya sudah menyiapkan syarat Visa Schengen dari jauh-jauh hari. Apa Itu Visa Schengen? 

Visa Schengen adalah visa khusus yang harus dimiliki anda yang ingin menjelajahi negara di Uni Eropa. Sampai saat ini terdapat 25 negara yaitu 23 negara Uni Eropa dan 3 negara non-Uni Eropa yang dapat menggunakan Visa Schengen untuk mengelilingi negara tersebut. Negara Schengen ini seperti Jerman, Austria, Islandia, dan Finlandia. 

Terkait dengan masa berlakunya sendiri, Visa Schengen ini memungkinkan penggunanya tinggal di negara Schengen selama 90 hari, dalam jangka waktu 6 bulan. Makanya, tak heran jika mayoritas pemilik Visa Schengen ini merupakan para turis yang ingin berlibur ataupun para pebisnis yang sedang melakukan kunjungan kerja. 

Syarat Pembuatan Visa Schengen 

  1. Formulir Permohonan Visa 

Syarat Visa Schengen yang pertama adalah formulir permohonan visa yang sudah terisi dengan lengkap. Formulir ini sendiri bisa Anda peroleh dengan mengunduhnya di situs resmi kedutaan besar negara yang akan Anda kunjungi. Jika Anda akan mengunjungi beberapa negara, pilih kedutaan besar yang negaranya akan Anda kunjungi paling lama. 

  1. Pas Foto Terbaru 

Sediakan 2 buah pas foto terbaru, dengan ukuran 3.5 x 4.5 centimeter. Pastikan bahwa head foto yang Anda sediakan tersebut, sekitar 70 hingga 80 persen dari foto. Selain itu, gunakanlah background foto dengan warna cerah, serta pasang wajah natural tanpa senyum untuk pas foto yang akan diserahkan tersebut. 

  1. Paspor yang Masih Berlaku 

Persyaratan yang selanjutnya wajib adalah paspor yang masih berlaku minimum 6 bulan sebelum waktu keberangkatan. Jika masa berlaku paspor akan segera habis, sebaiknya Anda perbarui terlebih dahulu. 

  1. Bukti Tiket Penerbangan 

Syarat lainnya yang wajib dimiliki oleh orang yang ingin mengajukan visa schengen adalah bukti tiket penerbangan lengkap yang juga tertera tanggal serta nomor penerbangan saat kepergian dan kepulangan.


  1. Polis Asuransi Perjalanan 

Keberadaan polis asuransi perjalanan merupakan hal yang wajib agar Anda bisa memperoleh Visa Schengen dan mengunjungi negaranya. Nilai pertanggungan minimum dari asuransi itu sendiri adalah sekitar 477 juta Rupiah atau sebanyak 30 ribu Euro. Polis asuransi tersebut harus bisa menjamin risiko penyakit, kecelakaan, serta pemulangan jenazah jika meninggal dunia. 

  1. Bukti Akomodasi 

Bukti akomodasi merupakan bukti pemesanan hotel atau penginapan, selama Anda berada di negara Schengen tersebut. Anda bisa juga melampirkan surat perjanjian sewa, jika sekiranya akan menyewa rumah di sana. Jika sekiranya Anda akan menginap di rumah kerabat, sertakan juga surat undangan dari tuan rumahnya. 

  1. Bukti Keuangan 

Terakhir, jangan lupa untuk menyiapkan bukti rekening koran selama 3 bulan terakhir. Adanya bukti rekening koran ini akan meyakinkan pihak terkait, bahwa Anda bisa bertahan hidup di negara Schengen dengan menggunakan uang dari tabungan tersebut. Besaran tabungannya sendiri berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan masing-masing negara. 

Biaya Pengurusan Visa Schengen 

Biaya pengurusan Visa Schengen terbilang tak terlalu tinggi, hanya sekitar 60 Euro saja atau sekitar Rp760.000. Waktu pengurusannya pun terbilang tak begitu lama, tergantung dari kepadatan trafik pengajuan visa. Secara umum, waktu pemrosesan Visa Schengen ini adalah selama 15 hari.  

Cara Membuat Visa Schengen 

  1. Pilih waktu pengajuan Visa Schengen, setidaknya 3 minggu sebelum jadwal keberangkatan. 

  2. Buat janji bertemu secara online di situs VFS Global. 

  3. Mendatangi Kedutaan Besar atau Konsulat negara tujuan sesuai dengan janji temu yang sudah ditentukan. 

  4.  Menyerahkan dokumen persyaratan dengan lengkap. 

  5.  Menjalani wawancara visa. 

  6.  Melakukan pembayaran pengajuan pembuatan visa. 

  7. Menunggu selesainya waktu proses pembuatan visa. 

Itulah tadi syarat Visa Schengen, termasuk di dalamnya biaya dan cara pembuatan visa, yang wajib dilengkapi dan dijalani oleh pihak yang mengajukan pembuatan visa. Perlu diketahui bahwa di masa liburan, biasanya permintaan akan Visa Schengen ini bakal meningkat. Jadi, jangan heran jika Anda harus menunggu visa rilis lebih lama dari waktu normalnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu persyaratan untuk mengajukan visa Schengen adalah harus sudah memiliki asuransi perjalanan yang bisa melindungi Anda selama melakukan perjalanan bersama keluarga maupun untuk perjalanan bisnis. Salah satu asuransi perjalanan terpercaya yang sudah visa schengen approved adalah Asuransi perjalanan internasional travellin.

Back to Article List Buy Insurance Package

Latest Articles

Payment Method

Secured by

Reassurance by

AA International