Kenali apa itu Visa Schengen sebelum Melakukan Perjalanan ke Eropa

Kenali apa itu Visa Schengen sebelum Melakukan Perjalanan ke Eropa

Eropa memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit, terbukti dengan banyaknya pelancong yang berkunjung ke sana.. Apabila Anda ingin berkunjung ke Eropa, pastikan sudah memiliki Visa Schengen terlebih dahulu. Apa sih yang dimaksud dengan Visa Schengen yang terkadang disebut visa “sakti” ini, yuk simak penjelasannya.

Apa Itu Visa Schengen? 

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya, apa sih itu yang disebut Visa Schengen? Visa ini merupakan visa yang lahir setelah disetujuinya Perjanjian Schengen, oleh sejumlah negara Uni Eropa pada tahun 1985 silam. Nah, poin utama perjanjiannya ini adalah menghapus pengawasan perbatasan antar negara Uni Eropa tersebut. 

Indonesia sendiri termasuk ke dalam negara yang warganya wajib memiliki visa ini, jika ingin berkunjung ke negara yang terikat dalam perjanjian tersebut. Makanya, para traveller dari Indonesia wajib untuk punya visa ini, agar perjalanan di Eropa nanti bisa mulus. Masa berlaku visa ini sendiri adalah selama 90 hari, serta bisa digunakan dalam jangka waktu 6 bulan. 

Dengan memiliki visa sakti ini, maka Anda bisa mengunjungi negara yang berada di zona Schengen, negara mana saja sih yang termasuk? Tercatat ada 23 negara Uni Eropa dan 3 negara non-Uni Eropa yang bisa dikunjungi dengan menggunakan visa ini. Negara-negara tersebut antara lain Jerman, Italia, Islandia, Yunani, Polandia, Portugal, Swiss, Slovakia, dan Swedia. 

Kegunaan Visa Schengen bagi Traveller 

Bagi traveller yang berasal dari Indonesia, keberadaan visa ini merupakan wajib adanya. Dengan memiliki visa ini, maka pelancong bisa menjelajahi negara-negara yang ada di zona Schengen selama 90 hari lamanya. Bayangkan saja, dengan satu visa saja, Anda bisa bebas mengunjungi 26 negara sekaligus, sangat membantu sekali, bukan? 

Jadi, jika Anda ingin mengunjungi 5 negara, seperti Austria, Belgia, Finlandia, Jerman, dan Islandia, Anda tak perlu membuat visa dari masing-masing negara. Cukup dengan mengurus visa ini di Kedutaan Negara. 

Jenis Visa Schengen 

Sebelum mengurus visa ini, ada baiknya Anda kenali dulu jenis dan tipe visanya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan dari segi dokumen. Berikut ini adalah 2 jenis visa yang dikeluarkan oleh Konsulat Negara atau Kedutaan Besar Negara yang termasuk dalam zona Schengen tersebut.  

  • Visa Sekali Masuk (Single Entry)

Visa Sekali Masuk atau Visa Single Entry merupakan dokumen perizinan untuk bisa masuk ke negara yang termasuk dalam zona Schengen ini sebagai satu kali. Mengingat hal tersebut, sudah pasti jika Anda sudah keluar dari salah satu negara Schengen, maka Anda tak dapat lagi masuk dengan visa yang sama. 

  • Visa Masuk Ganda (Multiple Entry)

Berbeda dengan Visa Sekali Masuk, Visa Masuk Ganda atau Visa Multiple Entry memungkinkan pemiliknya bolak-balik ke negara di zona Schengen maupun non-Schengen. Namun, tetap saja para pelancong tersebut hanya bisa tinggal selama 60 hari, dalam jangka waktu 6 bulan saja.  

Nah sebelum memulai rencana liburan ke Eropa, segala hal wajib dipersiapkan seperti penjelasan di atas dan jangan lupa juga hal yang kalah penting adalah menyiapkan asuransi perjalanan. dan salah satu asuransi perjalanan  yang sudah visa schengen approved adalah Asuransi perjalanan internasional travellin.


Back to Article List Buy Insurance Package

Latest Articles

Payment Method

Secured by

Reassurance by

AA International