Inilah Cara Membuat Visa

Cara membuat visa sangatlah penting untuk anda ketahui jika anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Visa sendiri adalah dokumen yang sangat penting karena sebagai alat bukti yang syah dan juga meyakinkan untuk diperbolehkannya anda saat mengunjungi suatu negara.

 

Setiap negara yang mempunyai kebijakan dan aturan yang berbeda dapat membuat visa dijadikan suatu hal yang rumit. Jika anda baru pertama kali membuat visa dan akan bepergian ke luar negeri maka membuat visa menjadi salah satu hal yang bisa membuat anda takut dan was was.

 

Mengapa Membuat Visa Itu Dikatakan Cukup Sulit?

Cara membuat visa sering dikatakan cukup sulit karena memerlukan waktu yang cukup lama dan juga banyak tenaga. Membuat visa juga membutuhkan biaya yang cukup besar dan juga syarat yang harus dipenuhi yang jumlahnya tidak sedikit.

 

Membuat visa bisa saja ditolak jika anda membawa dokumen yang tidak lengkap. Kesalahan dalam membawa dokumen meskipun hanya satu lembar bisa sangat merugikan anda.

Ketatnya hal-hal tersebut dikarenakan bertamu ke negeri orang memang haruslah dengan cara yang benar. Negara asing pun tidak mau menerima orang yang sembarangan karena pertimbangan keamanan jadi mereka melakukan penyaringan yang ketat untuk keluar masuknya orang ke negara tersebut.

 

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Membuat Visa

Saat sebelum membuat visa maka anda harus selalu teliti dalam memilih jenis vsa yang akan anda gunakan. Apakah itu untuk berlibur, urusan bisnis atau untuk bekerja.

 

Membuat visa hal yang paling dibutuhkan adanya adalah paspor. Paspor merupakan benda wajib yang harus ada sebelum anda membuat visa. Hal itu dikarenakan saat anda berada di luar negeri maka identitas wajib anda adalah paspor bukan KTP.

 

Selain paspor anda juga membutuhkan beberapa dokumen, antara lain :

1.         Pas foto. Sebaiknya anda membawa pas foto yang benar-benar sesuai dengan persyaratan yang sudah tertulis.

2.         Formulir permohonan. Anda dapat mendapatkan formulir ini di kedutaan tempat anda mengajukan permohonan.

3.         Asuransi perjalanan. Pastikan asuransi perjalanan anda masih berlaku untuk selama periode perjalanan.

4.      Bukti keuangan. Anda dapat membawa bukti keuangan dengan membawa buku tabungan dalam bentuk fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Selain itu anda juga dapat menggantikannya dengan membawa fotokipi slip gaji selama 3 bulan terakhir dengan surat keterangan bekerja.

5.         Membayar biaya visa juga harus anda lakukan.

6.         Membuat jadwal wawancara. Hal itu bisa anda lakukan dengan cara mendaftar online.

7.      Bukti tiket pesawat dan reservasi hotel. Anda harus membawa kedua bukti tersebut dan pastikan tanggal sesuai karena bisa mambuat anda ditolak dalam membuat visa.

 

Itulah beberapa dokumen yang harus anda persiapkan. Semoga info ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengerti cara membuat visa.

Back to Article List Buy Insurance Package

Latest Articles

Payment Method

Secured by

Reassurance by

AA International